Kajati Banten Kukuhkan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D)

Kejaksaan Tinggi Banten membentuk Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam mendorong rendahnya serapan anggaran pada tingkat Pemerintah Provinsi dan sejumlah kabupaten/kota di wilayah Banten.

Tim TP4D yang dibentuk berdasarkan atas Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 ini bertujuan untuk melakukan pendampingan guna membantu pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Ely Syahputra, SH disela-sela acara pengukuhan Tim TP4D dalam sambutannya mengatakan, “Tugas TP4D untuk mengawal, mengamankan dan mendukung jalannya pembangunan yang pada intinya mendorong percepatan penyerapan anggaran pembangunan di Provinsi Banten”, Rabu (21/10/2015).

Tim TP4D ini terdapat di Kejati dan di kejari yang berada di wilayah tugas Kejati Banten. Tim TP4D Kejati Banten ini diketuai oleh Asisten Intelijen Kejati Banten, sedangkan di tingkat Kejari diketuai oleh Kasi Intelijen.

Kejaksaan melalui TP4D akan melakukan pendampingan terhadap instansi pemerintah daerah, BUMN dan BUMD dalam melaksanakan program pembangunan, khususnya membantu realisasi penyerapan anggaran pembangunan.
Sementara Ketua TP4D yang juga menjabat sebagai Asisten Intelijen Kejati Banten Supari menambahkan, tugas TP4D di antaranya, memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, BUMN/BUMD dan pihak lain yang berkaitan dengan perencanaan pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan, pelaksanaan pekerjaan, perijinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan daerah.

“Kami siap membantu menyelesaikan kendala atau permasalahan yang menghambat pembangunan, baik diminta atau tidak diminta,” ujar Supari.