Kejati Banten gandeng KPKNL Serang adakan Sosialisasi Aplikasi SIMAN

IMG_1067Dalam rangka mendukung pengelolaan BMN yang lebih tertib cepat dan akurat. Kejaksan Tinggi Banten pada hari kamis tanggal 19 Mei 2016 menyelenggarkan sosialisasi aplikasi SIMAN ( Sistem Informasi Manajemen Aset Negara ) yang diikuti oleh seluruh satuan kerja Kejaksaan Negeri di Wilayah Banten dengan jumlah peserta sebanyak 42 orang yang terdiri dari Kasubag Pembinaan, Kaur Perlengkapan, Kaur Keuangan dan operator SIMAN, dengan narasumber dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Serang.

Sosialisasi dibuka oleh Asisten Pembinaan Kejekasaan Tinggi Banten yang mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Banten. dan menyampaikan harapan bahwa acara ini bisa mendukung pengelolaan BMN mulai dari Perencanaan penggunaan, pemanfaatan, pemeliharaan, penatausahaan, penghapusan dan pemindah tanganan aset negara.

Dalam acara tersebut narasumber memberikan penjelasan tentang SIMAN, bahwa tujuan dari aplikasi SIMAN adalah proses pengelolaan BMN menjadi lebih cepat, efisien dan terdokumentasi secara digital, dapat dimonitor secara online oleh pengguna dan pengelola, melengkapi data BMN untuk kebutuhan manajemen aset dan mengintegrasikan proses pengelolaan BMN kedalam satu sistem.

Selain itu juga dijelaskan hubungan antara SIMAK BMN dan SIMAN, dimana data SIMAN bersumber dari data SIMAK BMN. SIMAN menyiapkan fitur untuk menyiapkan data SIMAK BMN dengan atribut aset dalam rangka mendukung pengelolaan BMN, seperti identitas aset, riwayat pengelolaan, riwayat pemeliharaan, riwayat penilaian, riwayat pemakai, riwayat mutasi, lokasi posisi GPS, foto dan dokumen digital.IMG_1076

Kegiatan sosialisasi diisi dengan pengenalan aplikasi dan praktek-praktek pemakaian aplikasi, disertai dengan tanya jawab dari para peserta sosialisasi terkait dengan hambatan-hambatan dalam proses pengelolaan BMN.