KEJATI BANTEN RAMPUNGKAN KEGIATAN JMS TRIWULAN II

Memasuki bulan Juni ini adalah bulan terakhir kegiatan Jaksa Masuk Sekolah untuk perode Triwulan ke II tahun 2016. Tim Website Kejati Banten berhasil menghubungi Kasi Penkum Kejati Banten, Holil Hadi, SH. untuk mencari tahu apa saja yang telah dicapai selama periode Triwulan ke II ini, berikut hasil wawancaranya

Tim Website (TW) : Bp. Kasi Penkum, kami dari Tim Website ingin mengetahui sejauh mana kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) untuk Triwulan II. Kapan dimulainya kegiatan Triwulan II ini pa?

Holil Hadi, SH (HH) : Terima Kasih Sebelumnya. Kita sudah mulai kegiatan JMS Triwulan II itu pada tanggal 18 April 2016 ditandai dengan kegiatan di SMAN 2 Kota Serang. Kegiatannya berupa menjadi inspektur upacara pada SMA.N.2 Kota Serang, pada kesempat itu saya sendiri yang menjadi Inspektur Upacara mewakili Bp. Asisten Intelijen yang berhalangan hadir. Saat itu saya memberikan amanat  agar siswa/siswi diharapkan komitmen untuk belajar dengan sungguh-sungguh, meniingkatkan disiplin, membangun Etika dan sopan santun baik terhadap sesama teman, maupun terhadap orang yang lebih tua khususnya orang tua dan guru-guru kita. Juga saya menghimbau agar mereka menghindari diri dari Narkoba dan obat-obat terlarang, karena dampak buruknya merugikan diri sendiri dan keluarga, lalu juga saya menyampaikan agar dalam penggunaan alat-alat elektronik, media sosial agar dilakukan dengan baik dan beretika, karena saat kita mendistribusikan/mentransmisikan/membuat dapat diakses orang banyak yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan, miliki muatan perjudian, miliki muatan penghinaan/pencemaran nama baik, miliki muatan pemerasan/pengancaman, itu semua termasuk kategori perbuatan yang dilarang dan bagi yang melanggar ketentuan dimaksud diancam pidana.

2016-06-14-PHOTO-000000142016-06-14-PHOTO-00000016

 

 

 

 

 

 

 

TW : Kami dengar kesekan harinya setelah di SMAN 2 Kota Serang, ada kegiatan lagi ya pa?

HH : Benar sekali mba, kita adakan kegiatan Penerangan Hukum dan penyuluhan Hukum Program JMS Kejati Banten di SMK.N.4 Kota Serang. Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 19 April 2016. Kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2 sekitar 90 orang. Kelas 3 tidak kami libatkan karena sedang persiapan UN. Kali itu saya mengangkat materi mengenai Pengenalan lembaga Kejaksaan, untuk memahami Tugas dan Wewenang Kejaksaan, lalu pembahasan singkat UU No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Saya lihat antusias siswa sangat besar, dapat dilihat dari banyaknya yang ingin mengajukan pertanyaan, namun karena keterbatasan waktu terpaksa kami batasi.

2016-06-14-PHOTO-00000020

2016-06-14-PHOTO-00000022

 

 

 

 

 

 

 

TW : Kegiatannya kami dengar maraton ya pa, jadi 3 kegiatan dalam 3 hari ya? benar begitu pa?

HH : Benar sekali mba, hari ketiganya kami lakukan kegiatan Penerangan Hukum dan Penyuluhan Hukum Program JMS Kejati Banten pada SMA.N.1 Jawilan Kabupaten Serang. Kali itu diikuti sekitar 100an siswa. Masih sama seperti sebelumnya, siswa Kelas 3 tidak kami libatkan pada kegiatan ini.  Dan meterinyapun masih sama yaitu mengenai Pengenalan lembaga Kejaksaan, untuk memahami Tugas dan Wewenang Kejaksaan, lalu pembahasan singkat UU No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dan Acara kali itu diakhiri dengan foto bersama dihalaman sekolah, walaupun sangat terik matahari kali itu...hehehe.

2016-06-14-PHOTO-00000018

2016-06-14-PHOTO-00000017

 

 

 

 

 

 

 

TW : Jadi target kegiatan untuk Triwulan ke II sudah terpenuhi ya pa? bagaimana rencana untuk Triwulan ke III pa? dan hambatan apa saja yang dialami tim pada saat pelaksanaan kegiatan ini?

HH : Benar sekali mba, target kita telah terpenuhi, untuk selanjutnya, maksudnya Triwulan ke II sampai saat ini belum kami rencanakan mau diadakan dimana dan kapan, paling tidak kita tungu sehabis Lebaran mba. Kalau masalah kendala dan hambatan spt nya belum kami temukan kendalah yang berarti hanya saja kemarin itu kami sulit mencari tanggal pelaksanaan karena bertepatan dengan jadual UN pada kalender akademis siswa mba. Demikian, saya ucapkan terima kasih, Tim website sudah mendukung kami dalam pelaksanaannya.

 

Tim Website Kejati Banten