Rangkaian Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke 57 Tahun 2017

Hari Bhakti Adhyaksa Ke 57 Tahun 2017 kali ini mengambil tema “Satu Tujuan, Satu Sikap, Satu Hati Untuk Negeri. Adapun rangkaian kegiatan selama Hari Bhakti Adhyaksa diantara lain di awali dengan Pembukan Pekan Olahraga (POR) pada tanggal 10 Juli 2017 yang diikuti oleh pegawai Kejaksaan Se- Wilayah Banten. Kegiatan Pekan Olah Raga ini mengambil tema “Olah Raga, Badan Sehat, Tingkatkan Kinerja Untuk Negeri” kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 10 Juli 2017 sampai dengan tanggal 14 Juli 2017 adapun cabang olah raga yang dipertandingkan antara lain, Volley Ball Putra Dan Putri, Tenis Meja, Tarik Tambang Putra Dan Putri. Pekan Olah Raga ditutup dengan Jalan Santai bersama yang diikuti oleh seluruh pegawai se wilayah Banten diantaranya pegawai Kejaksaan Tinggi Banten, Kejaksaan Negeri Serang, Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, Kejaksaan Negeri Lebak, Kejaksaan Negeri Pandeglang, dan Kejaksan Negeri Cilegon.

Selain Pekan Olah Raga. HBA tahun ini diisi juga dengan  kegiatan bhakti sosial berupa anjangsana ke panti jompo di kota serang dan kunjungan ke purnaja pada tanggal 17 Juli 2017. Kegiatan ini diikuti oleh Bapak Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Ketua IAD Wilayah Banten beserta Anggota, Ketua Panitia HBA Tahun 2017 beserta Kordinator Seksi Bhakti Sosial.

Seperti tahun tahun sebelumnya, HBA juga diisi dengan kegiatan sosial donor darah.  Bertempat di lobby kantor Kejaksaan Tinggi Banten, kegiatan donor darah ini diadakan pada tanggal 18 Juli 2017.

Kegiatan selanjutnya pada hari Jum’at tanggal 21 Juli 2017 adalah ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) diikuti oleh pegawai Kejaksaan Tinggi Banten, Pegawai Kejaksan Negeri Serang, Pegawai Kejaksaan Negeri Cilegon. Kemudian dilanjutkan acara peringatan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharma Karini ke 17 tahun 2017 tanggal 21 juli tahun 2017.

Puncak acara dari rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa adalah pada hari Sabtu tanggal 22 Juli 2017 di awali upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Tahun 2017 dengan diikuti oleh pegawai Kejaksaan Tinggi Banten, Kejaksaan Negeri Serang. Kepala Kejaksaan Tinggi Banten sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Jaksa Agung Republik Indonesia, dalam sambutannya Jaksa Agung menyerukan agar segenap jajaran Kejaksaan selaku Aparat Penegak Hukum tidak boleh kehilangan rasa percaya diri, harus tetap tegar, tetap menunjukan kinerja yang lebih profesional, lebih sungguh-sungguh, obyektif dan lebih proporsional. Jaksa Agung juga memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada saudara-saudara yang telah bekerja keras penuh integritas dan telah mengangkat citra, nama baik institusi kita. Karena syukur alhamdulillah berkat upaya dan kerja keras bersama kita selama ini, telah membuahkan hasil yang cukup menggembirakan, antara lain dengan diperolehnya penilaian dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK dalam pengelolaan keuangan dan anggaran maupun penilaian dengan predikat B dalam hal pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang diberikan oleh Kementrian PAN-RB. Selain itu, masih ada hal lain yang cukup membanggakan adalah adanya pengakuan dari lembaga penggiat anti korupsi bahwa sela rentang waktu 2016-207, Kejaksaan dinyatakan lebih banyak melakukan penyidikan dan berhasil mengungkapkan pekara korupsi dibandingkan lembaga penegak hukum lainnya. Di akhir sambutannya Jaksa Agung Republik Indonesia menyampaikan PERINTAH HARIAN, untuk diperhatikan dengan cermat dan dipedomani dan dilaksnakan sebagai petunjuk arah dan acuan dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh Jajaran Keluarga Besar Adhyaksa dimanapun berada dan bertugas, sebagai berikut:

  1. Satukan tekad, sikap, tindakan dan semangat untuk mewujudkan kejaksaan yang dipercaya, dicintai, dibutuhkan dan diinginkan kehadirannya oleh masyarakat.
  2. Tanamkan integritas dan disiplin tinggi dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab, mengutamakan kejujuran serta menjunjung tinggi kebenaran dan menghindarkandiri dari perbuatan tercela sebagai insan adhyaksa yang terpuji, terpercaya dan bermartabat.
  3. Tingkatkan kemampuan dan profesionalitas agar siap dan mampu mengatasi segala kendala, tantangan dan hambatan demi terlaksananya penegakan hukum yang baik dan benar memenuhi ekspetasi dan harapan besar rakyat.
  4. Kawal, dukung dan amankan semua program pembangunan yang harus tetap terjaga kelanjutan dan keberhasilannya dengan sungguh-sungguh, tanpa pamrih, cermat dan penuh semangat.
  5. Pupuk dan tumbuh kembangkan agar semangat kesatuan persatuan, solidaritas dan kebersamaan dalam ikatan jiwa korps adhyaksa yang kokoh, kuat saling mengingatkan untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara tetap terjaga dan meningkat.

Keseluruhan Acara di akhiri dengan syukuran HBA tahun 2017 bertempat di Kantor Kejaksaan Tinggi Banten dan dihadiri oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Banten.