Wah….JMS kali ini penuh kejutan

Pada hari selasa 20 September 2016 ,pukul 10.00.wib s/d 12.00.wib. bertempat di sekolah..SMAN 7 Kota Serang, Tim Penkum Asintel Kejati Banten yg diketuai Kasi Penkum Holil Hadi, SH., menyelenggarakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Kegiatan JMS ini merupakan yang pertama kali untuk Triwulan III tahun 2016. JMS kali ini diikuti sekitar 200 siswa/i.

20160920_105635Dalam paparannya kali ini kasi penkum menyampaikan berbagai materi yang cukup beragam, mulai dari pengenalan lembaga Kejaksaan, kemudian materi tentang penyalahgunaan narkoba, termasuk didalamnya mengenai apa itu yg dimaksud dg narkoba, ciri ciri pecandu narkoba, dan dampak buruk narkoba baik bagi diri pribadi, keluarga dan negara. Selain itu juga disampaikan materi tentang tindak pidana korupsi, yang mana materinya mengenai apa yg dimaksud dg korupsi, faktor apa yg mempengaruhi terjadinya tp.korupsi, upaya apa saja untuk penanganan tp.korupsi.

Yang lebih menariknya kali ini, disampaikannya materi tentang undang-undang ITE. Kasi Penkum menyampaikan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yg demikian pesat telah menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dlm berbagai bidang yg secara lgs telah mempengaruhi lahirnya bentuk2 perbuatan hukum baru.

20160920_113359“Kepada para siswa/i saya berharap dalam pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik dilakukan berdasarkan asas kepastian hukum, manfaat, kehati hatian, itikad baik dan netral” pesan Jaksa senior asli Palembang ini.

Dilanjutkan Kasi Penkum bahwa tekhnologi informasi dan transaksi ekektronik bila digunakan dengan berpegang pada asaz diatas, maka akan memberi manfaat yang besar antara lain mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia, mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dlm rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, membuka seluas luasnya kepada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan.

“Penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi seoptimal mungkin dan bertanggung jawab, memberikan rasa aman, keadilan hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi” tutup Kasi Penkum.

Acara JMS dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Pada sesi ini terlihat antusias siswa/i dalam menanggapai materi yang telah disampaikan, berbagai pertanyaan diajukan numun sayangnya karena keterbatasan waktu, tidak semua penanya bisa ditanggapi.

20160920_113257 20160920_113340